TipsdanTrik.id – Kali ini kami ingin membagikan cara mendapatkan traffic blog dengan Facebook Ads yang didapat dari salah seorang blogger Indonesia. Kak Vicky Laurentina membagikan tips mendapatkan traffic ini di twitternya beberapa waktu lalu.
Jadi, pada dasarnya, artikel kali ini bukanlah panduan lengkap membuat FB Ads yang mudah. Namun sudah spesifik untuk mendapatkan tujuan tertentu. Sebagaimana disebutkan di artikel ini, agar FB Ads efektif dengan biaya iklan di Facebook yang murah, perlu tujuan sejak awal membuatnya.
Buat yang ingin baca panduan, mungkin bisa klik link yang disematkan di atas. Namun untuk blogger yang ingin mendapatkan traffic ataupun pengusaha yang ingin meningkatkan traffic ke website mereka, bisa baca dan mempraktekkan tips mendapatkan traffic dengan FB Ads ini.
Cara Mendapatkan Traffic Blog dengan Facebook Ads (dengan Hasil Optimal dan Harga Murah)
Yang harus diperhatikan sebelum membaca artikel ini adalah sudah memiliki situs atau blog dan juga Facebook Page. Biar kamu bisa langsung praktek. Kalau sudah, maka tinggal ikuti langkah berikut:
1. Masuk ke FB Ads Manager Kamu
Login ke Facebook kamu, buka Facebook Page Ads Manager kamu. Ini perlu banget agar kita bisa setting iklan kita dengan maksmimal. Url FB Ads Manager untuk membuat iklan di Facebook: https://www.facebook.com/adsmanager/creation.
2. Pilih Tujuan Iklan – Dalam Hal Ini Traffic ke Website
Paling pertama dalam membuat iklan di Facebook adalah tujuan iklan kita sendiri. Dalam Facebook Ads sendiri ada banyak tujuan yang bisa kita pilih, antara lain:
- Awareness
- Consideration
- Traffic
- Engagement
- App Install
- Video Views
- Lead Generation
- Messages
- Conversion
- Conversions
- Catalog Sales
- Store Visits
Karena kita ingin meningkatkan traffic, maka kita pilih tujuan yang di bagian Consideration – Traffic atau Pertimbangan – Lalu Lintas Kunjungan seperti dalam gambar di bawah ini.
3. Pilih Facebook Page yang akan Diiklankan
Berikutnya, setelah kita klik next, kita akan diarahkan ke halaman berikut:
Jangan sampai salah memilih Facebook Page yang akan diiklankan ya – terutama buat kamu yang punya beberapa Facebook Page dalam FB Ads Manager kamu.
4. Pilih Jenis Iklan dan juga URL Post atau Situs
Saat melakukan setting iklan Facebook ini, jangan lupa untuk pilih jenis iklan yang ingin digunakan. Ada opsi menggunakan carousel (beberapa gambar sliding ke samping), gambar tunggal, video, slideshow, ataupun koleksi.
Pilih yang kira-kira mewakili post yang akan diiklankan. Jangan lupa juga masukkan url postingan yang jadi target traffic.
Tips: Iklan dengan video memiliki tinggal engagement lebih tinggi. Selain itu gambar yang menarik akan membuat iklan kita dilirik.
5. Jangan Lupakan: Audience & Placement FB Ads Kamu
Dua hal ini penting banget dalam FB Ads. Agar efektif, audience yang menjadi target haruslah sesuai dengan isi link yang akan dipromosikan.
Misalnya, jika kamu ingin mendapatkan traffic blog dengan Facebook Ads untuk tulisan tentang Kesehatan Anak, maka beberapa saran untuk target audience:
- Health care, children health
- Family
- Mother, dll
Selain itu, placement atau penempatan iklan Facebook juga mempengaruhi. Placement iklan FB itu bisa di Facebook, FB Messenger dan Instagram. Jika kita menempatkan di semua, maka sudah barang tentu harga bisa lebih mahal.
Jangan Lupa Monitor Ya!
Kalau sudah membuat iklan di Facebook, yang kita harapkan tentunya adalah kita mencapai target iklan kita kan? Dalam hal ini mendapatkan traffic blog dengan Facebook Ads, maka kita juga harus memantau, apakah benar tercapai atau tidak.
Kak Vicky memantaunya dan hasilnya memang terlihat di Google Analytics blog yang dimilikinya seperti gambar di bawah ini.
Nah itu tips mendapatkan traffic blog dengan Facebook Ads dari kak Vicky Laurentina, seorang Blogger Indonesia sejak 2005. Dia ini nyambi jadi dokter dan internet marketer. Kalau kamu ingin kenalan dengan dia, bisa langsung cek sosial medianya.
IG: @VickyLaurentina
Twitter: @VickyLaurentina
Kalian ada tips dan trik lain terkait FB Ads? Boleh banget dishare di sini.